Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

VISI & MISI SEKOLAH

V I S I

Unggul dalam prestasi berbudi pekerti luhur dan mandiri

M I S I

1. Menumbuhkan semangat berprestasi

2. Meningkatkan budaya disiplin seluruh warga sekolah

3. Membiasakan siswa berprilaku sehat

4. Menciptakan pola hubungan yang sinergis anatara skolah dan masyarakat dalam meningkatkan pendidikan

S T R A T E G I

1. Menciptakan sekolah yang bernuansa Manajemen berbasis Sekolah

2. Pencapaian ketuntasan belajar pada tiap mata pelajaran adalah 100%

3. Mendapatkan prestasi non akademikmkhususnya dalam bidan keagamaan kesen ian, olah raga dan keterampilan

4. Meningkatkan wawasan kependidikan dan kemampuan teknis profesional

5. Menciptakan sekolah yang aman

Jumat, 14 Oktober 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH


Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Karena manusia mempunyai perasaan, dan itulah yang membedakan antara manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan diberikan perasaan yang berupa cinta dan kasih sayang kepada sesamanya. Normalnya setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta, baik yang sudah mengungkapkan ataupun masih memendamnya Tetapi hal itu sangatlah wajar dan normal. Hal yang tidak normal adalah apabila tidak pernah yang merasakan cinta dan kasih sayang.
Adapun perbedaan antara cinta dan kasih. Cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang lebih mendalam sedangkan kasih merupakan ungkapan untuk mengeluarkan rasa, dan mengarah kepada yang dicintainya. Cinta juga memiliki beberapa unsur-unsur, yaitu seperti pengasuhan, tanggung jawab, perhatian, dan pengenalan. Selain itu cinta kasih juga dapat dibedakan menjadi 2, yaitu cinta kasih secara vertikal dan horizontal. Cinta kasih secara vertical, yaitu meliputi cinta kasih kepada terhadap Tuhan. Dan apapun yang berhubungan langsung dengan dengan Tuhan itu sendiri. Contohnya, cinta kasih kepada agama, nabi, kitab suci, malaikat dan lain sebaiganya. Sedangkan cinta kasih secara horizontal adalah cinta kasih kepada sesama manusia, lingkungan, alam, hewan, dan tumbuhan.
Menurut Dr. Salito W. Sarwono dalam artikel yang berjudul Segitiga Cinta , bukan cinta segitiga dikatakan bahwa cinta yang ideal memiliki 3 unsur, yaitu:
  • Keterikatan, adalah perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas hanya untuk dia.
  • Keintiman, yaitu adanya kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa tidak ada jarak lagi, sehingga panggilan formal diganti dengan sekedar nama panggilan.
  • Kemesraan, yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen apabila jauh atau lama tak bertemu, ucapan – ucapan yang menyatakan sayang, saling menium, merangkul dan sebagainya.
Cinta dibagi menjadi 3 golongan. Yaitu :
  • Cinta kepada Tuhan
  • Cinta kepada Orang tua
  • Cinta kepada Sesama
1. Cinta kepada Tuhan :
Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita haruslah bersyukur dan mencintai pencipta kita. kita sebagai manusia telah diberikan akal fikiran dan nafsu,kita manusia tidak seperti malaikat yang hanya di berikan akal dan fikiran,tetapi tidak diberikan nafsu,dan kita tidak sama dengan hewan yang hanya diberikan nafsu dan akal,kita adalah makhluk sempurna yang diciptakan lengkap dengan akal,fikiran,dan nafsu yang diberikan oleh Allah SWT,oleh karna itulah kita sebagai manusia harus bersyukur dan mencintai Khalik yang menciptakan kita secara sempurna.
2. Cinta kepada Orang tua :
Kita dapat hidup dan dilahirkan di dunia ini karena adanya orangtua. Ibu lah yang sudah mengandung selama 9 bulan dan melahirkan kita. Mereka pun tidak pernah mengeluh dalam merawat kita. Sedangkan ayah selalu mencarikan kita nafkah untuk masa depan yag lebih baik. Mereka lah yang paling berjasa dalam kehidupan kita. Maka kita harus selalu mencintai dan menyayangi mereka.
3. Cinta kepada sesama :
Tuhan menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Dan memang sudah kodratnya sesama manusia yang berbeda jenis untuk saling mencintai dan menyayangi. Cinta yang tulus adalah cinta yang tidak mengharapkan imbalan atau menuntut sesuatu, dan tidak berlandaskan nafsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer